Sindrom Otak Saraf Misterius Menghentikan Dokter Kanada Canadian

Sindrom Otak Saraf Misterius Menghentikan Dokter Kanada Canadian

Sindrom Otak Saraf Misterius Menghentikan Dokter Kanada Canadian – Empat puluh delapan orang dari provinsi kecil Kanada yang sama mengalami gejala campuran yang membingungkan termasuk insomnia, gangguan fungsi motorik dan halusinasi seperti mimpi buruk melihat orang mati. Seorang ahli saraf pemurah bekerja 12 jam sehari untuk menguraikan petunjuk. Teori konspirasi berputar-putar menyalahkan penyakit pada menara ponsel, fracking atau bahkan vaksin Covid-19.

Sindrom Otak Saraf Misterius Menghentikan Dokter Kanada CanadianSindrom Otak Saraf Misterius Menghentikan Dokter Kanada Canadian

child-neuro-jp.org – Ini hanyalah beberapa alur cerita dari sebuah misteri yang telah membingungkan lembaga medis Kanada, menarik perhatian beberapa ahli saraf top dunia dan mengipasi ketakutan di antara penduduk New Brunswick, sebuah provinsi indah berpenduduk sekitar 770.000 di pantai Atlantik Kanada. Dalam enam tahun terakhir, puluhan orang jatuh sakit akibat penyakit tersebut dan enam orang meninggal dunia.

Dilansir dari kompas.com, “Orang-orang khawatir,” kata Yvon Godin, walikota Bertrand, sebuah desa di Semenanjung Acadian di timur laut New Brunswick di mana penduduk telah menderita. “Mereka bertanya, ‘Apakah ini lingkungan? Apakah itu genetik? Apakah itu daging ikan atau rusa? Apakah itu sesuatu yang lain?’ Semua orang menginginkan jawaban.”

Baca Juga : Beberapa Anak Dengan Sindrom Terkait Covid Mengalami Gejala Neurologis

Ketika virus corona mengamuk di seluruh negeri selama 15 bulan terakhir, teka-teki medis pada awalnya lambat untuk mendapatkan perhatian nasional. Otoritas kesehatan Kanada, terganggu oleh kebutuhan untuk menanggapi pandemi, bergegas untuk menentukan keseriusan wabah, yang baru terungkap secara publik setelah memo tentang hal itu oleh kepala petugas medis New Brunswick bocor ke pers pada bulan Maret.

Dokter yang menyelidiki penyakit itu mengatakan respons yang lamban menggarisbawahi tantangan bagi kondisi medis lain untuk bersaing mendapatkan sorotan selama pandemi global.

Para ahli medis mengatakan kesuraman seputar penyakit ini juga mencerminkan bagaimana, meskipun kemajuan luar biasa dalam ilmu kedokteran, beberapa kondisi, khususnya penyakit saraf yang melibatkan demensia, dapat membingungkan bahkan otak ilmiah terbaik dunia.

Wabah Kanada dapat bergabung dengan jajaran penyakit lain yang telah membingungkan dunia, seperti penyakit yang melemahkan yang melumpuhkan puluhan diplomat di Kuba dan China mulai tahun 2016, memicu kecurigaan bahwa para korban mungkin telah menjadi sasaran Moskow, Beijing, atau pemerintah jahat. . Ada juga penyakit ginjal yang menyakitkan dan membingungkan yang menimpa para pekerja yang memanen tebu di Nikaragua empat tahun sebelumnya.

Misteri itu, bagaimanapun, juga bisa gagal, jika ternyata berbagai kondisi yang sudah ada sebelumnya dianggap berasal dari penyakit baru yang aneh.

Di antara korban termuda dari sindrom Kanada adalah Gabrielle Cormier, 20, pernah menjadi siswa straight-A yang berpartisipasi dalam kompetisi figure skating dan bercita-cita menjadi ahli patologi.

Tapi saat dia mulai kuliah dua tahun lalu, Ms. Cormier mengatakan dia tiba-tiba dan entah kenapa diliputi oleh kelelahan, mulai menabrak sesuatu dan memiliki penglihatan yang tampak seperti statis dari televisi. Tidak lagi bisa membaca dengan mudah atau berjalan ke kelas, dia terpaksa putus sekolah.

Tidak memahami apa yang salah memperkuat kengerian penyakit itu. Setelah salah didiagnosis dengan mononukleosis, Ms. Cormier mengatakan dokter ruang gawat darurat kemudian memberi tahu dia bahwa tidak ada yang salah dengannya. Serangkaian tes tidak menghasilkan diagnosis.

Dia akhirnya dirujuk ke ahli saraf karena kesehatannya memburuk dan dia mengalami gerakan menyentak yang tidak disengaja, penyimpangan memori dan halusinasi. Dia termasuk orang pertama yang termasuk dalam kelompok mereka yang menderita sindrom tak dikenal.

Hari ini, dia tinggal di rumahnya di Dalhousie Junction, di pedesaan utara New Brunswick, dan berjalan dengan tongkat. “Saya baru saja memulai apa yang seharusnya menjadi bab terbaik dalam hidup Anda dan kemudian menghilang,” katanya. “Saya tidak tahu apakah saya akan mati atau menjalani sisa hidup saya dengan gejala-gejala ini.”

Dr. Neil Cashman, seorang ahli saraf di University of British Columbia di Vancouver, yang sedang menyelidiki penyakit tersebut, mengatakan bahwa itu adalah jenis detektif medis yang hanya terlihat beberapa kali dalam satu abad.

“Dari sudut pandang misteri, biasanya ada sesuatu yang mengerikan seperti pembunuhan – dalam hal ini adalah demensia progresif cepat, dan manifestasi kejiwaan, kehilangan segalanya sekaligus yang dikendalikan oleh otak dan sumsum tulang belakang,” katanya. “Ini menakutkan.”

Tetapi para ahli medis lainnya mempertanyakan kebaruan kondisi tersebut.

Dr. Michael D. Geschwind, seorang profesor neurologi di University of California, San Francisco, yang merupakan salah satu pakar terkemuka dunia tentang wabah neurologis langka, belum mempelajari kasus atau otopsi dari mereka yang terkena dampak. Namun dia mengingatkan bahwa apa yang tampak seperti penyakit baru terkadang ternyata merupakan penyakit yang diketahui yang belum terdiagnosis. Mereka yang terkena dampak, tambahnya, bisa berakhir menderita “kantong ambil” penyakit neurodegeneratif berbeda yang dihubungkan bersama.

“Kadang-kadang apa yang tampak seperti sebuah kluster ternyata menjadi sesuatu yang lain,” katanya.

Penyakit ini pertama kali diamati pada tahun 2015 ketika ahli saraf New Brunswick, Dr. Alier Marrero, melihat seorang pasien yang menunjukkan campuran gejala yang aneh termasuk kecemasan, depresi, demensia progresif cepat, nyeri otot, dan gangguan penglihatan yang menakutkan.

Tiga tahun kemudian, dia memiliki total delapan kasus. Tahun berikutnya totalnya adalah 20. Kemudian 38. Kemudian 48.

Usia pasien berkisar antara 18 hingga 84 tahun dan tinggal terutama di dua wilayah New Brunswick: Moncton dan Semenanjung Acadian.

Bingung dengan apa yang dia amati, Dr. Marrero, seorang dokter di Pusat Rumah Sakit Universitas Dr. Georges-L.-Dumont di Moncton, memerintahkan tes darah, spinal tap, M.R.I. scan dan elektroensefalogram.

Dr Marrero mengatakan tes mengungkapkan kelainan seperti atrofi otak dan disfungsi neurologis, tetapi tidak ada hasil yang dihubungkan bersama untuk membentuk diagnosis yang jelas.

Dia awalnya mencurigai penyakit Creutzfeldt-Jakob, penyakit neurodegeneratif progresif cepat yang diduga disebabkan oleh prion, agen infeksi baru yang merusak otak. Tetapi pasien dites negatif untuk bentuk C.J.D.

Dia menjelajahi teks medis. Dia berkonsultasi dengan rekan-rekan di seluruh dunia. Akhirnya, katanya, hanya satu kesimpulan yang masuk akal: “Itu bukan sesuatu yang pernah kita lihat sebelumnya.”

Tanpa diagnosis, ia memberi penyakit yang menghancurkan itu nama kerja yang jelas biasa saja: Sindrom Neurologis dari Etiologi Tidak Diketahui di New Brunswick. Dia juga membunyikan alarm, memberi tahu rekan-rekan dan otoritas kesehatan federal dan provinsi.

Pada bulan April, enam tahun setelah kasus pertama muncul, otoritas kesehatan di New Brunswick dan Ottawa, ibu kota Kanada, mengumpulkan tim ahli saraf, ahli epidemiologi, ahli lingkungan, dan dokter hewan untuk menyelidikinya. Otopsi otak dari enam korban sedang dianalisis di laboratorium federal di Ottawa, sementara tim ahli saraf dan ahli patologi dari seluruh Kanada sedang meninjau bukti.

Dari tiga otopsi yang dilakukan sejauh ini, semuanya negatif untuk bentuk penyakit prion yang diketahui, menurut Dr. Michael Coulthart, ahli saraf yang memimpin penyelidikan.

Penyelidik medis mengatakan daftar penyebab potensial telah diperkecil menjadi empat atau lima.

Dr. Cashman, ahli saraf Universitas British Columbia, mengatakan salah satu penyelidikan adalah bahwa penyakit tersebut dapat disebabkan oleh racun yang dikenal sebagai beta-methylamino-L-alanine, atau BMAA, yang diproduksi oleh ganggang biru-hijau dan telah terkait dengan penyakit seperti Parkinson dan Alzheimer.

Pelaku potensial lainnya, katanya, adalah paparan kronis asam Domoic, neurotoksin yang ditemukan pada kerang dari lepas pantai New Brunswick.

Dia mengatakan tim tidak mengesampingkan bahwa itu bisa menjadi penyakit prion baru atau sindrom yang disebabkan oleh agen infeksi seperti bakteri, virus atau jamur.

Beberapa keluarga dari mereka yang menderita gejala marah karena otoritas kesehatan membutuhkan waktu lama untuk mengungkapkannya.

Steven Ellis, yang ayahnya, Roger, adalah bagian dari wabah New Brunswick, mengatakan keluarganya ingin mengetahui apakah kondisi itu genetik atau disebabkan oleh faktor eksternal. Setelah periang dan aktif, ayahnya sekarang dikurung di panti jompo dan telah mengalami penurunan berat badan, lekas marah dan delusi.

Hanya setelah membaca memo internal petugas kesehatan masyarakat New Brunswick yang bocor tentang sindrom tersebut pada bulan Maret, Ellis menghubungkannya dengan penyakit ayahnya.

“Rasanya seperti membaca kisah pribadi keluarga kami,” kenangnya. “Pandemi membayangi penyakit ini,” tambahnya. “Mengapa butuh waktu lama untuk ini menjadi publik?”

Dr Jennifer Russell, kepala petugas medis New Brunswick, mengatakan pada konferensi pers pada bulan April bahwa otoritas kesehatan provinsi telah bereaksi dengan hati-hati begitu pejabat kesehatan federal menentukan bahwa jumlah kasus itu signifikan. Ada “jalan panjang di depan” untuk menentukan penyebabnya, katanya.

Tapi Pak Ellis mengatakan keluarga seperti dia kehabisan waktu.

“Jika ayah saya menderita kanker stadium akhir, tentu akan mengecewakan, tetapi setidaknya ada prognosisnya,” katanya. “Kami menyaksikan dia sekarat dengan lambat dan tidak ada yang bisa memberi tahu kami alasannya.”

Penyedia layanan kesehatan yang merawat gangguan sistem saraf

Fasilitator layanan kesehatan yang menjaga kendala sistem saraf bisa jadi wajib menghabiskan banyak durasi bertugas dengan penderita saat sebelum membuat penaksiran mungkin situasi khusus. Kerap kali, ini mengaitkan melaksanakan banyak uji buat melenyapkan situasi lain, alhasil mungkin penaksiran bisa terbuat.

Neurologi. Agen medis yang menanggulangi kendala sistem saraf diucap neurologi. Fasilitator layanan kesehatan kedokteran yang menyembuhkan kendala sistem saraf diucap pakar saraf. Sebagian pakar saraf menyembuhkan stroke kronis serta aneurisma serebral memakai metode endovaskular.

Operasi saraf. Agen medis yang sediakan campur tangan operasi buat kendala sistem saraf diucap operasi saraf, ataupun operasi saraf. Pakar operasi yang bekerja selaku regu pemeliharaan buat kendala sistem saraf diucap pakar operasi saraf ataupun pakar operasi saraf.

Pakar radiologi serta pakar radiologi campur tangan. Pakar radiologi yang berspesialisasi dalam penaksiran situasi neurologis memakai pembayangan serta dalam penyembuhan situasi neurologis khusus semacam aneurisma serebral, stroke kronis, serta patah tulang balik, dan biopsi tumor khusus.

Rehabilitasi buat kendala neurologis. Agen medis yang membagikan pemeliharaan rehabilitatif buat penderita dengan kendala sistem saraf diucap medis raga serta rehabilitasi. Fasilitator layanan kesehatan yang bertugas dengan penderita dalam cara rehabilitasi diucap physiatrists.

Apa saja faktor risiko gangguan otak?

Gangguan otak bisa menyerang siapa saja. Faktor risiko berbeda untuk berbagai jenis gangguan otak.

Cedera otak traumatis paling sering terjadi pada anak di bawah 4 tahun, dewasa muda antara 15 dan 25 tahun, dan orang dewasa 65 dan lebih tua. Tumor otak dapat menyerang orang pada usia berapa pun. Risiko pribadi Anda tergantung pada genetika dan paparan Anda terhadap faktor risiko lingkungan seperti radiasi.

Baca Juga : Ilmu Medis Yang Dipelajari Untuk Segala Penyakit di Segala Usia

Umur yang lebih berumur serta riwayat keluarga merupakan aspek resiko sangat penting buat penyakit neurodegeneratif.

Kendala psikologis amat biasa terjalin. Dekat 1 dari 5 orang berusia Amerika sudah hadapi situasi kesehatan psikologis. Resiko Kamu bisa jadi lebih besar bila Kamu:

– Mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit mental
– Mempunyai ataupun sempat hadapi pengalaman hidup yang mencekam ataupun penuh tekanan
– Mempunyai riwayat penyalahgunaan alkohol ataupun obat- obatan
– Sempat ataupun sempat hadapi luka otak mencekam

Child Neuro JP - Pusat Informasi Kesehatan Neurologi Anak