Masalah Neurologis Umum Pada Anak-Anak

Masalah Neurologis Umum Pada Anak-Anak

Masalah Neurologis Umum Pada Anak-Anak – Otak adalah salah satu organ yang paling penting dan halus dalam tubuh manusia. Masalah neurologis adalah masalah yang disebabkan oleh disfungsi otak atau sistem saraf dan mengakibatkan gejala psikologis atau fisik tergantung pada area otak yang terlibat, yang menyebabkan gangguan.

Masalah Neurologis Umum Pada Anak-AnakMasalah Neurologis Umum Pada Anak-Anak

child-neuro-jp.org – Otak manusia mulai berkembang saat anak berada di dalam kandungan dan berlanjut hingga masa bayi hingga remaja. Sel-sel otak sebagian besar terbentuk sebelum lahir, meskipun koneksi saraf tidak berkembang sampai nanti.

Gangguan neurologis memiliki spektrum yang luas dan dapat memiliki berbagai penyebab, komplikasi, gejala, dan akibat. Semua kondisi neurologis melibatkan sistem saraf yang terdiri dari otak dan tulang belakang. Sistem saraf mengontrol segala sesuatu dalam tubuh manusia termasuk gerakan, penglihatan dan kemampuan pendengaran. Gejala dan hasil tergantung pada area otak yang telah rusak.

Baca Juga : Sindrom Otak Saraf Misterius Menghentikan Dokter Kanada Canadian

Kondisi ini dapat mempengaruhi orang-orang di antara semua kelompok umur, namun, beberapa kondisi neurologis hanya muncul selama tahun-tahun awal perkembangan. Mereka dapat bermanifestasi sebagai cacat lahir atau dalam beberapa kasus, gejala didiagnosis hanya selama tahun-tahun berikutnya anak.

Dilandir dari kompas.com,  Sebagian besar gejala dan tanda neurologis ini muncul ketika seorang anak melewatkan tonggak perkembangan atau mengalami cedera otak atau infeksi. Keluhan terkait otak seperti sakit kepala terkadang bersifat sementara dan sering diabaikan. Namun, gejala seperti pusing terus-menerus atau kelemahan yang muncul tiba-tiba tanpa penjelasan atau penyebab apa pun bisa menjadi indikasi kondisi neurologis.

Ada berbagai gangguan neurologis yang mempengaruhi populasi anak. Autisme, epilepsi, palsi serebral, gejala sisa cedera otak dan sakit kepala adalah gangguan neurologis yang paling umum terlihat pada anak-anak. Setiap gangguan dan gejala yang terkait dengannya berbeda-beda pada setiap anak. Gangguan neurologis yang paling sering ditemukan pada anak adalah:

Autisme

Autisme merupakan kendala kemajuan saraf yang saat ini terus menjadi diketahui di semua bumi. Penyakit ini bermanifestasi selaku 3 gugusan kendala interaksi sosial, kendala komunikasi lisan( perkataan) serta non- verbal( tidak terungkapkan), bersama dengan pola sikap yang terbatas serta kesekian dengan sangat banyak menaati tradisi serta atensi yang terbatas. Kanak- kanak dengan autisme memandang keadaan di dekat mereka dengan metode yang berlainan dibanding dengan kanak- kanak lain sama tua mereka.

Tidak ada penyebab khusus autisme, namun sejumlah faktor lingkungan, perilaku, dan genetik dapat menyebabkan anak mengalami kondisi tersebut. Seorang anak autis mungkin memiliki gangguan bicara, tantangan keterampilan sosial dan komunikasi dan gangguan emosional.

Anak-anak memerlukan teknik intervensi yang berbeda tergantung pada usia dan perkembangan mereka. Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua perawatan untuk kondisi tersebut. Setiap individu dengan kondisi ini unik dan memerlukan metode perawatan yang berbeda termasuk pengobatan dan perawatan perilaku atau kombinasi keduanya.

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Salah satu gangguan neurologis paling umum pada anak-anak yang bahkan dapat berlanjut hingga remaja adalah ADHD. Anak-anak di sekolah paling sering dibiarkan tidak terdiagnosis dan dicap nakal karena gejala yang mereka alami seperti pelupa dan melamun. ADHD adalah suatu kondisi yang membuat anak sulit untuk memperhatikan dan tidak mampu mengendalikan impuls.

Anak-anak seperti itu merasa sulit untuk menyelesaikan tugas dan sering terganggu. Kondisi ini dapat disebabkan karena faktor keturunan, gizi buruk, penyalahgunaan zat atau cedera otak.

ADHD memerlukan evaluasi ahli karena ada kriteria khusus untuk diagnosis dan setiap anak hiperaktif tidak dapat dicap menderita ADHD. Gejala penyakit dapat dikelola melalui pengobatan dan terapi.

Dispraksia

Ini adalah kondisi yang agak umum pada anak-anak namun kurang diketahui. Dyspraxia adalah suatu kondisi yang membuat sulit untuk mengkoordinasikan gerakan fisik. Anak-anak dengan kondisi ini sering mengalami kesulitan untuk menjaga postur dan keseimbangannya.

Tidak ada penyebab pasti untuk kondisi ini karena diyakini bahwa sel saraf setiap orang yang mengendalikan gerakan otot berkembang secara berbeda. Anak-anak yang terkena dapat membaik jika kondisinya didiagnosis lebih awal dengan intervensi khusus seperti terapi okupasi berorientasi proses.

Cerebral Palsy

Kondisi ini mempengaruhi keterampilan motorik anak dan disebabkan oleh kerusakan otak yang disebabkan sebelum atau selama kelahiran atau kehidupan anak usia dini. Ini adalah salah satu gangguan perkembangan saraf yang paling umum pada anak-anak dan selanjutnya dibagi menjadi berbagai jenis tergantung pada tanda-tanda neurologis.

Kondisi ini menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam koordinasi dan gerakan seperti berdiri, berjalan, mengontrol kandung kemih dan buang air besar, makan bahkan berbicara. Kondisi ini tidak progresif dan tidak memburuk seiring bertambahnya usia.

Tidak ada penyebab pasti untuk kondisi tersebut tetapi diyakini disebabkan selama kehamilan ketika janin tidak tumbuh dengan baik atau mengalami kerusakan otak. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan, meskipun pengobatan dan terapi dapat membantu memperbaiki kondisi tersebut.

Setiap kondisi neurologis memanifestasikan dirinya secara berbeda pada anak yang berbeda. Beberapa kondisi dapat disembuhkan dan beberapa hanya dapat dikelola. Deteksi dini setiap kondisi sangat penting untuk memastikan tidak menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Orang tua harus memperhatikan gejala yang tidak biasa yang digambarkan anak mereka dan selalu memastikan untuk menanggapi kekhawatiran anak dengan serius. Mencari pendapat medis dalam kasus keraguan selalu dianjurkan. Selalu terbuka dan menyuarakan keprihatinan Anda dengan spesialis Anda karena tujuan mereka adalah bekerja dengan Anda untuk memenuhi kebutuhan anak Anda.

Tanda Peringatan Anak Anda Mungkin Memiliki Gangguan Neurologis

Pada usia 20 bulan, Kelley Dawson menderita kejang saat berlibur bersama keluarganya. Dokter ruang gawat darurat percaya itu disebabkan oleh demam tinggi – tetapi keluarganya segera mengetahui bahwa itu bukan masalahnya. Kelley berjuang dengan sering kejang selama lima tahun ke depan. Orang tua Kelley merasa keputusasaan mereka meningkat saat kejang-kejang itu menimpa putri mereka yang berusia 7 tahun.

Obat akan membantu Kelley untuk sementara waktu, tetapi kemudian kejang yang menghancurkan akan menyerang. Orang tua Kelley meneliti rumah sakit di seluruh negeri dan beralih ke Rumah Sakit Anak Arkansas di Little Rock untuk mengatasi kejangnya.

Apa itu gangguan saraf??

Gangguan neurologis pada anak terjadi ketika ada sesuatu yang tidak normal di otak, sistem saraf, atau sel otot. Gangguan ini dapat bervariasi dari epilepsi hingga sakit kepala migrain hingga gangguan tic atau gerakan dan banyak lagi.

Anak-anak dilahirkan dengan kelainan, seperti spina bifida atau hidrosefalus (cairan di otak), atau mereka memperoleh kelainan di kemudian hari – akibat cedera traumatis atau infeksi serius.

Dalam kasus Kelley, ahli saraf pediatrik di Rumah Sakit Anak Arkansas mendiagnosisnya dengan kondisi bawaan yang langka. Begitu mereka menentukan penyebab yang mendasari kejang Kelley, tim medisnya melakukan operasi. Mereka mampu mengangkat bagian otak yang rusak yang menyebabkan kejang-kejangnya.

Hari ini, Kelley bahagia, sehat, dan bebas kejang. Orang tuanya bersyukur penyebab kejang Kelley telah diidentifikasi dan diobati – memberikan putri mereka harapan untuk hari esok yang lebih sehat.
Tanda-tanda peringatan gangguan neurologis

Meskipun sulit untuk mengetahui kapan harus mencari perawatan medis khusus untuk anak Anda, ahli pediatrik kami merekomendasikan evaluasi cepat oleh dokter anak Anda jika anak Anda menunjukkan penurunan tonggak perkembangan. Misalnya, ini adalah tanda bahaya jika anak Anda kehilangan keterampilan yang sebelumnya mereka kuasai seperti berjalan, berbicara, atau makan sendiri.

Diagnosis dan intervensi dini adalah kuncinya. Jika perilaku normal anak Anda telah berubah secara dramatis, hubungi dokter anak mereka untuk evaluasi.

Gambaran

Banyak masalah neurologis pada anak-anak adalah bawaan, artinya mereka adalah cacat lahir atau kondisi yang berkembang di dalam rahim. Kondisi lain berkembang di kemudian hari dalam kehidupan anak. Gangguan saraf di UCSF Benioff Children’s Hospital ditangani oleh spesialis yang terlatih dalam merawat bayi dan anak-anak yang memiliki kondisi mulai dari tumor otak hingga stroke, termasuk kasus yang paling kompleks. Kami menawarkan perawatan mutakhir.

UCSF memiliki program bedah saraf pediatrik paling komprehensif di California Utara. Peralatan khusus digunakan untuk menampung tubuh kecil bayi dan anak-anak, untuk memantau dosis anestesi dan obat-obatan yang tepat, dan untuk mencegah kehilangan darah selama operasi.

Pusat kami meliputi UCSF Pediatric Stroke and Cerebrovascular Disease Center, satu-satunya pusat di negara ini yang menawarkan perawatan komprehensif pada stroke masa kanak-kanak dan penyakit serebrovaskular, dan Pediatric Epilepsy Center, yang ditunjuk oleh National Association of Epilepsy Centers sebagai pusat tingkat empat, pusat level tertinggi.

Program Spina Bifida UCSF adalah salah satu dari hanya sedikit dari jenisnya di California Utara, menawarkan dukungan medis dan sosial dan pengobatan untuk bayi, anak-anak dan remaja dengan spina bifida dan cacat lahir tulang belakang lainnya yang melibatkan vertebra terbuka.

Dan Pusat Sklerosis Ganda Pediatrik Regional UCSF — satu-satunya dari jenisnya di Pantai Barat — ditunjuk oleh Perhimpunan Sklerosis Ganda Nasional sebagai pusat keunggulan untuk perawatan komprehensif anak-anak dan remaja.

Spesialis kami merawat anak-anak dengan kondisi otak dan neurologis dengan pendekatan multidisiplin yang dipimpin oleh dokter di departemen bedah saraf dan layanan neurologi pediatrik kami. Bersama dengan rekan-rekan kami di banyak spesialisasi pediatrik lainnya di seluruh Rumah Sakit Anak Mott, kami menyediakan pasien kami dan keluarga mereka rencana perawatan individual.

 

Baca Juga : Ilmu Medis Yang Dipelajari Untuk Segala Penyakit di Segala Usia

Layanan neurologi pediatrik mengoordinasikan perawatan dan terapi medis untuk anak-anak dengan kondisi neurologis.

Minat khusus meliputi:

– Gegar
– Neurologi neonatus
– Malformasi otak
– Sakit kepala/migrain
– Penyakit metabolik yang mempengaruhi sistem saraf
– Neuro-onkologi
– Gangguan tidur anak
– Gangguan perkembangan termasuk autisme
– Gangguan neuromuskular pediatrik termasuk distrofi otot dan miopati kongenital
– Komplikasi neurologis penyakit pediatrik lainnya

Departemen bedah saraf menawarkan perawatan bedah tingkat lanjut kepada pasien menggunakan peralatan canggih yang didorong oleh aktivitas penelitian kami yang penuh semangat dan pengetahuan ilmiah terbaik yang tersedia.

Area khusus meliputi:

– Anomali kongenital otak dan sumsum tulang belakang
– Tumor otak dan sumsum tulang belakang
– Hidrosefalus
– Myelomeningocele dan spina bifida
– Anomali kraniofasial
– Anomali vaskular otak dan sumsum tulang belakang
– Epilepsi refrakter medis
– Malformasi Chiari
– Terapi bedah untuk spastisitas
– Cedera kepala dan sumsum tulang belakang anak
– Sumsum tulang belakang tertambat

Child Neuro JP - Pusat Informasi Kesehatan Neurologi Anak