13 Fakta Menarik Tentang Otak Dari Ahli Saraf Terkemuka

13 Fakta Menarik Tentang Otak Dari Ahli Saraf Terkemuka

13 Fakta Menarik Tentang Otak Dari Ahli Saraf Terkemuka – Selama setahun terakhir, saya mendapat hak istimewa untuk mewawancarai ahli saraf terkemuka dunia yang telah mengunjungi Sainsbury Wellcome Center. Sebagai bagian dari Pekan Kesadaran Otak 2019, saya ingin membagikan beberapa fakta ilmu saraf favorit mereka.

13 Fakta Menarik Tentang Otak Dari Ahli Saraf Terkemuka13 Fakta Menarik Tentang Otak Dari Ahli Saraf Terkemuka

1. Bahkan ketika kita tidak memiliki keinginan bebas, cerita riasan otak kita menyiratkan bahwa kita melakukannya

child-neuro-jp.org – “Ahli saraf yang mempelajari pasien manusia telah menunjukkan bahwa jika Anda merangsang bagian dari area motorik untuk menghasilkan perilaku tertentu, orang tersebut akan mengemukakan cerita tentang mengapa mereka memiliki kemauan untuk melakukan tindakan itu.

Baca Juga : Epilepsi Merupakan Sebuah Penyakit Yang Menyerang Sistem Saraf

Saya tidak tahu apakah kita memiliki keinginan bebas atau tidak, tetapi saya pikir ketika Anda mulai melihat semakin banyak contoh seperti situasi di mana dengan jelas keinginan bebas mereka tidak menghasilkan tindakan mereka, tetapi otak mereka, untuk konsistensi, membuat up alasan yang dilakukannya. Dilansir dari laman kompas.com

2. Ahli saraf dapat membaca imajinasi tikus

“Hipokampus sudah lama dikenal untuk menyimpan ingatan dan mewakili ruang, tetapi bukti terbaru menunjukkan bahwa hipokampus juga mendukung imajinasi. Saat mode simulasi mental ini aktif, Anda dapat membaca apa yang mungkin dibayangkan tikus dari aktivitas sarafnya.

3. Lebih dari separuh neuron di otak Anda hanya memiliki empat masukan

“Sel granul, yang merupakan salah satu sel paling sederhana di otak kecil, membentuk lebih dari setengah neuron di otak Anda!

Sel granul sangat kecil dan hanya memiliki empat dendrit dengan masing-masing hanya memiliki satu sinaps. Ini berarti bahwa sel granul hanya menerima empat bit informasi rangsang secara total, jadi mereka pasti melakukan beberapa integrasi sederhana, namun mereka membentuk setengah neuron di otak Anda sehingga mereka pasti menjadi substrat yang sangat penting untuk sesuatu.

Apa yang sebenarnya dilakukan sel granul tidak diketahui karena meskipun kecil dan sederhana, mereka sangat sulit untuk merekam. Laboratorium Margrie di Sainsbury Wellcome Center telah melakukan beberapa rekaman dari sel-sel ini.

4. Gajah telah mengembangkan wilayah otak yang sangat besar untuk mengontrol belalainya

“Orang mengatakan gajah memiliki otak terbesar dan jumlah sel paling banyak dan alasannya adalah mereka memiliki jumlah sel granul yang sangat besar (bahkan lebih tidak proporsional daripada manusia) di otak kecil mereka. Saya pikir sebagian alasannya adalah gajah harus bisa mengendalikan belalainya yang sangat kompleks dengan banyak otot yang berbeda.

5. Ikan zebra dapat meregenerasi sumsum tulang belakangnya

“Hal yang menakjubkan dengan ikan zebra, dan sebagian besar amfibi dan ikan, adalah jika Anda memotong sumsum tulang belakangnya dan kemudian meninggalkan hewan itu dengan sendirinya, dalam waktu paling lama seminggu, seluruh sumsum tulang belakang beregenerasi dengan sendirinya dan ikan akan berenang menjauh.

6. Sebagian besar neuron Anda hidup bersama Anda sepanjang hidup Anda

“Neuron yang Anda miliki sejak lahir sebagian besar adalah neuron yang Anda miliki saat Anda mati, jadi sel-sel ini hidup bersama Anda sepanjang hidup Anda. Sepanjang hidup Anda, sel-sel otak ini mengalami mutasi genetik dan pada individu dewasa diperkirakan bahwa genom dari semua neuron di otak adalah unik.

7. Otak Anda memastikan dunia tidak terlihat terbalik

“Pada masa-masa awal ilmu saraf, ketika para ilmuwan menemukan bahwa selain memfokuskan gambar, lensa di bola mata juga membalik gambar secara terbalik dibandingkan dengan dunia.

Sebuah pertanyaan besar yang terbuka untuk sementara waktu adalah bagaimana otak Anda membalikkannya lagi? Mengapa dunia tidak terlihat terbalik, jika bola mata Anda terbalik?

Akhirnya orang-orang menyadari bahwa otak tidak perlu membalikkannya lagi, begitu masuk ke otak, Anda tidak benar-benar memiliki koordinat absolut lagi. Jika ada sesuatu di bagian bawah korteks visual Anda, itu tidak sesuai dengan hal itu sebenarnya rendah di dunia. Otak sekarang hanya peduli tentang koordinat relatif, setelah Anda memasukkannya ke dalam ruang saraf.

Ini adalah terobosan filosofis untuk ilmu saraf: koordinat otak lebih terlepas dari koordinat dunia daripada yang tampak intuitif pada awalnya. Saya pikir ini hanyalah metafora yang sangat bagus untuk masalah sulit ilmu saraf secara umum, yaitu representasi di otak tidak terikat pada representasi di dunia dengan cara yang sangat bersih dan mudah untuk dikarakterisasi.

Selama otak dapat menyatukan kembali berbagai hal untuk membangun perilaku, ia dapat merobeknya, melipatnya, dan melakukan segala macam hal aneh dengan representasi tersebut.

Itu hanya perlu dapat memproyeksikannya ke perilaku yang benar pada akhirnya. Itulah salah satu alasan saya pikir pembelajaran representasi sangat penting, karena memberikan kita beberapa konteks untuk memahami, seperti apa seharusnya representasi yang baik itu? Kita dapat membatasi model representasi yang tidak terikat ini di otak dengan berpikir, “Apa manfaatnya ini,” dan “Apa yang akan saya lakukan jika saya adalah otak?” (yang merupakan pertanyaan yang lucu, karena memang demikian).

8. Otak perlu lupa agar bisa berfungsi dengan baik

“Orang cenderung menganggap lupa sebagai patologi, tetapi melupakan itu adaptif karena tidak baik mengingat setiap hal yang terjadi pada Anda.

Ada orang yang memiliki ingatan episodik yang luar biasa ini, tetapi mereka cenderung kehilangan kemampuan untuk mengekstrak prinsip umum dari ingatan ini. Mereka melihat pepohonan, dan bukan hutan, pada dasarnya. Jadi bukanlah hal yang baik untuk mengingat setiap detail.

9. Otak yang terbelah dapat menyebabkan kesadaran terbelah

“Ada eksperimen di tahun 60-an tentang fenomena yang disebut ‘otak terbelah’, yang merupakan hasil dari korpus kalosum yang menghubungkan dua belahan otak yang terputus. Dalam kondisi ini, ada dua kognisi terpisah pada individu yang sama.

Dalam percobaan ini, gambar yang berbeda ditampilkan di bagian kanan dan kiri bidang visual pasien. Ketika ditanya apa yang mereka lihat, individu melaporkan apa yang mereka lihat di bagian kanan bidang visual, karena informasi ini diproses oleh belahan kiri, yang berhubungan dengan ucapan.

Jika Anda meminta pasien untuk memilih objek yang mereka lihat menggunakan tangan kiri, mereka akan memilih objek yang ditampilkan di bagian kiri bidang penglihatan mereka, karena informasi tersebut masuk ke belahan kanan yang mengontrol tangan kiri. Jadi, sepertinya ada dua kesadaran berbeda pada individu yang sama.

Istilah ‘individu’ berarti tidak dapat dibagi dan saya merasa luar biasa bahwa seseorang dapat menggunakan teknik modern untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan orang pada diri sendiri ribuan tahun yang lalu.

10. Hemineglect pada pasien stroke mempengaruhi daya ingat juga

“Pasien yang mengalami stroke, atau karena suatu alasan mengalami kerusakan pada lobus parietalnya, akan mengalami fenomena aneh yang disebut hemineglect, di mana mereka tidak memperhatikan separuh bidang penglihatan kiri mereka.

Misalnya, mungkin mereka tidak akan mencukur separuh wajah mereka. Jika Anda meminta mereka menggambar bunga, mereka hanya akan menggambar kelopaknya di satu sisi. Mereka hanya akan memakan makanan dari setengah piring.

Hal paling aneh tentang hemineglect adalah ia juga memengaruhi memori. Dalam studi sebelumnya, mereka menemukan populasi unik pasien yang menderita hemineglect dan juga menghabiskan banyak waktu di Milan.

Mereka meminta pasien untuk membayangkan diri mereka berdiri di tengah alun-alun utama di Milan menghadap Utara dan mencoba mengingat sebanyak mungkin toko dan jalan di sekitar alun-alun, dan pasien hanya mengingat toko dan jalan di sisi kanan. Kemudian mereka meminta mereka untuk membayangkan menghadap ke selatan dan mereka ingat jalan-jalan dan pertokoan di seberang.

Berdasarkan hal-hal yang kami ketahui tentang citra visual dan memori, ini sebenarnya cukup masuk akal, tetapi masih sangat aneh bagi saya. Kita tahu bahwa citra visual menggunakan banyak mesin yang sama seperti penglihatan normal, misalnya, jika Anda membayangkan melihat sesuatu, ini mengaktifkan korteks visual Anda dengan banyak cara yang mirip dengan jika Anda benar-benar melihat sesuatu. Yang masuk akal, jika Anda memiliki mesin, mengapa menemukan kembali roda penglihatan?

Kami juga sekarang percaya bahwa ingatan mungkin diatur dengan cara terstruktur yang memperhitungkan organisasi spasial. Memori episodik mungkin diatur dalam peta kognitif ini. Jadi fakta bahwa ingatan memiliki organisasi spasial yang dapat dipengaruhi oleh perhatian sekarang lebih masuk akal.

11. Interneuron tertentu sama aktifnya secara metabolik dengan sel jantung

“Dahulu kala, jika Anda ingin mengetahui apakah seseorang pernah mengalami serangan jantung, Anda akan melakukan tes darah untuk melihat rasio LDH (lactate dehydrogenase A-B) dalam aliran darah mereka.

Di sebagian besar otot dan darah Anda memiliki lebih dari satu isoform daripada yang lain, pengecualiannya adalah jantung, di mana rasionya dibalik untuk mendukung tingkat metabolisme yang lebih tinggi. Tanda tangan ini adalah sesuatu yang Anda asosiasikan dengan otot jantung dan dapat dideteksi dalam darah selama serangan jantung.

Tapi ternyata ada jenis sel lain, di mana rasio LDH A-B terbalik dan itu adalah interneuron kortikal yang cepat melonjak. Sel-sel ini sangat aktif secara metabolik, dan mereka sangat terspesialisasi sehingga jika Anda melihat profil metaboliknya, mereka tidak terlihat seperti neuron, mereka terlihat seperti jantung, karena mereka sangat aktif sepanjang waktu. Mereka mengekspresikan subunit khusus dari gen transpor elektron yang sebelumnya dianggap hanya ada di jantung.

Kami telah mempelajari banyak interneuron ini tetapi tidak dari perspektif pemahaman kompromi apa yang telah mereka buat untuk efisiensi metabolisme. Kita tahu bahwa disregulasi mereka terkait dengan skizofrenia dan halusinasi pendengaran. Mereka jelas pasti sangat penting karena tubuh bersedia membayar biaya metabolisme yang mahal karena apa yang mereka lakukan sangat berharga.

12. Kognisi abstrak di otak memiliki esensi material

“Penemuan sel tempat di otak membuka cara berpikir yang benar-benar baru karena ini menunjukkan adanya fisik, realitas nyata pada aspek kognitif. Ini adalah bukti pertama bahwa ada esensi material dari aspek kognitif yang sangat abstrak dari fungsi otak kita dan ini bagi saya masih merupakan penemuan ilmiah paling signifikan dalam ilmu saraf hingga saat ini.

13. Bahkan perilaku sukarela secara implisit diatur oleh otak

“Mempelajari penyakit Parkinson benar-benar menyoroti seberapa banyak regulasi implisit dari perilaku kita adalah inti dari apa yang terasa seperti perilaku sukarela yang normal.

Sangat mudah bagi kita untuk memikirkan tentang bagaimana pikiran Anda bisa utuh secara luar biasa, namun tidak mampu melakukan tindakan dan saya pikir kita nyaman memikirkannya, dalam kaitannya dengan sistem saraf tepi.

Namun, untuk penyakit seperti penyakit Huntington, atau gangguan tic, atau penyakit Parkinson, gagasan bahwa masih ada begitu banyak kendali implisit atas perilaku kita dalam struktur otak pusat, dan sangat terkait erat dengan apa yang kita anggap sebagai kontrol eksplisit, sukarela, dan sengaja. atas perilaku kita.

Jika Anda lapar, dan Anda benar-benar ingin makan siang, Anda akan berjalan lebih cepat untuk makan siang. Sepertinya bukan itu yang menjadi inti dari perilaku sukarela, tetapi dalam beberapa hal, menurut saya kapasitas untuk mengatur perilaku seperti itu sebenarnya adalah inti dari perilaku sukarela.

Baca Juga : Ilmu Medis Yang Dipelajari Untuk Segala Penyakit di Segala Usia

Sebagian, itu sebagian karena sirkuit implisit melakukan semua pekerjaan ini yang sebenarnya tidak perlu Anda pikirkan. Itu melakukan semua pengaturan perilaku yang baik ini yang membuat segalanya lancar, dan lancar, dan semacam beradaptasi dengan baik dengan lingkungan, tetapi mungkin, itu tidak selalu sepadan dengan pertimbangan eksplisit kami.

Sejauh yang kami tahu, selama sekitar 500 juta tahun kami pada dasarnya menjaga sirkuit yang sama melakukan itu. Ganglia basal baru saja menskala, pada dasarnya secara linier, dengan ukuran otak kita.

Telah terjadi diversifikasi yang luar biasa selama waktu itu, dari hal kecil yang disebut pallium, yang merupakan permulaan dari korteks, melalui neokorteks primata yang masif, namun basal ganglia ada di sana, penting untuk semua itu.

Child Neuro JP - Pusat Informasi Kesehatan Neurologi Anak